-->
Home , , , → Cara Mengobati Penyakit Rendah Diri

Cara Mengobati Penyakit Rendah Diri

Senin, 17 September 2012
Beda dengan rendah hati, rendah diri sangat berlawanan dengan rendah hati. Rendah diri adalah suatu penyakit. Penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya dan suatu sikap yang merugikan diri pribadi kita. Banyak orang yang menderita penyakit ini, meliputi jutaan orang dan mungkin juga terjadi pada kita. Berikut ini kita akan bersama-sama mempelajari arti dari rendah diri dan cara mengatasinya.


1.   Pengertian rendah diri.

Pengertian rendah diri adalah perasaan menganggap terlallu rendah pada diri sendiri. Orang yang menganggap diri sendiri terlalu rendah dikatakan rendah diri. Orang yang rendah diri berarti menganggap diri sednriri tidak mempunyai kemampuan yang berarti. Seperti dikatakan oleh Alder bahwa rasa rendah diri berarti perasaan kuarng berharga yang timbul karena ketidakmampuan psikologis atau social maupun karena keadaa jasmani yang kurang sempurna ( Sumadi Suryabrata, 1984: 220 ).

Berikut ini contoh orang yang mengalami rendah diri.

    Susi merasa dirinya paling bodoh karena nilai pelajaran Fisikanya 5. Padahal, Susi mempeunyai kelebihan, pandai pada pelajaran olahraga.
    Arman merasa dirinya anak yang paling miskin di kelas karena sepatu yang dipakianya paling jelek. Padahal, Arman punyai kelebihan, ia pandai bergaul.


2.   Sebab – sebab timbulnya perasaan rendah diri.

Perasaan rendah diri tidak timbul dengan sendirinya. Ada dua faktor yang dapat menyebabkan perasaan rendah diri.

*  Faktor Intern

Yaitu penyebab yang berasal dari diri sendiri, seperti cacat tubuh, kelemahan menguasai bidang study, dan susah berkomunikasi.

*  Faktor Ekstern

Yaitu penyebab yang berasal ari luar, seperti ekonomi orang tua lemah ( tidak mampu ), orang tua yang bercerai, dan keluarga sering cekcok.

Kelemahan yang dimiliki oleh seseorang baik berasal dari luar maupun dari dalam dirinya dapat menimbulkan perasaan rendah diri.


3.   Ciri – ciri orang yang rendah diri.

Orang yang merasa rendah diri dapat dilihat dari tingkah lakunya. Tingkah laku orang yang rendah diri diantara lain sebagai berikut.

a.  Selalu menyendiri dan menarik diri dari pergaulan. Orang yang menganggap dirinya tidak memepunyai kemampuan yang berarti biasanya tidak mau bergaul dan menarik diri dari pergaulan.

b.  Selalu ragu dalam bertindak. Orang yang merasa tidak mempunyai kemampuan yang berarti akan selalu ragu – ragu dalam bertindak. Perasan seperti itu akan merugikan diri sendiri.

Contoh : Andhika merasa paling bodoh di kelas karena memperolah nilai pelajaran Bahasa Indonesia 5. Sebenarnya, Andhika bukan anak yang bodoh. Ia mempeunyai kelebihan dalam bidang menyanyi. Karena Andhika merasa paling bodoh dan tidak mempunyai kelebihan, pada saat diminta mengikuti lomba karaoke Andhika menolak.

c.  Tidak mau bersaing positif, seperti persaingan kepandaian, lomba mengarang dan balap sepeda.

Contoh : Vina menganggap dirinya anak yang paling miskin di kelas. Pada waktu istirahat tanpa sengaja Indah menginjak kaki Vina. Karena menganggap dirinya anak yang paling miskin maka Vina merasa diejek oleh Indah dan langsung marah. Padahal, indah tidak sengaja.


4.   Cara mengatasi timbulnya perasaan rendah diri

Setiap oarang mempeunyai kelemahan dan kelebihan. Agar dapat terhindar dari perasaan rendah diri, siswa dapat memperhatikan hal – hal di bawah ini.

*) Terimalah kekurangan yang ada pada diri anda dengan lapang dada. Siswa harus dapat menerima dan mengakui bahwa setiap manusia mempunyai kekurangan dan tidak ada manusia yang sempurna.

*) Carilah kelebihan yang anda miliki. Kelebihan yang siswa miliki dapat siswa kembangkan sehingga menjadi kecakapan yang nyata.

Sumber :
http://belajarpsikologi.com/pengertian-rendah-diri-dan-cara-mengatasinya/
Mohon Kritik dan Saran Anda Pada Blog Ini
Tag »

0 Komentar Untuk "Cara Mengobati Penyakit Rendah Diri"

Kritik dan saran silahkan berikan di komentar..
Dimohon jangan menggunakan kata-kata kasar.. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terimakasih atas komentar Anda di "Cara Mengobati Penyakit Rendah Diri"