Home , , → Hidup dengan Panjang Umur atau Hidup Berkualitas

Hidup dengan Panjang Umur atau Hidup Berkualitas

Senin, 27 April 2015
Ketika seseorang sedang merayakan ulang tahun, kata-kata yang sering terucap dari orang orang terdekat adalah "semoga panjang umur" dan selalu di ikuti degan kata "sehat selalu". Setiap ulang tahun memberikan tanda kepada kita, ada yang mengatakan kalau umur kita bertambah dan ada juga yang bilang kalau umur kita berkurang. Kedua nya memang benar, tergantung dari mana kita mengambil sudut pandang tersebut.
 
Memiliki umur panjang dan kesehatan badan di hari tua memang harapan semua orang. Hal ini lah yang diungkapkan oleh seorang Pakar kesehatan geriatri dari Gleneagles Hospital, Dr Chan Kin Ming yang mengatakan bahwa harapan semua orang guna memiliki umur yang panjang adalah harapan paling dasar yang dimiliki manusia. 
Namun untuk saat ini, tampaknya memiliki umur yang panjang adalah perkara sulit. Hidup di era globalisasi seperti sekarang ini untuk memiliki umur  panjang tidaklah muda. Kehidupan serta pola hidup sekarang ini tidak memungkinkan bagi seseorang bisa bertahan lama hidup di dunia ini.
Adapun kalau bertahan hidup dan memiliki umur lebih panjang, kehidupannya pun tak lepas dari rasa sakit yang diderita. Sekarang banyak yang terselematkan dan banyak yang memiliki umur lebih panjang, namun sisa hidupnya dihabiskan di tempat tidur atau di kursi roda. Banyak yang merasa bersyukur masih bisa hidup lebih lama tapi tidak bisa melakukan apa-apa.
Untuk itu, Dr Chan memberikan pandangan tersendiri terhadap apa yang terjadi saat ini. Ia beranggapan kalau saat ini pertanyaan yang sering dilontarkan orang banyak mengenai 'bagaimana supaya seseorang bisa panjang umur' sudah tidak berlaku lagi. Untuk saat ini yang lebih penting untuk semua orang adalah 'bagaimana caranya guna memiliki hidup yang berkualitas, bukan hidup hanya sekedar hidup saja'.
Adapun dari beberapa hasil penelitian, harapan hidup manusia di seluruh dunia telah meningkat dalam kurun waktu 60 tahun terakhir. Pada tahun 1950 saja, harapan hidup manusia hanya sampai pada usia 48 tahun. Sedang pada tahun 2010 silam angka harapan hidup manusia naik menjadi 68 tahun.
Perkembangan jaman serta meroketnya ilmu pengetahuan memang telah merubah semuanya. Manusia terus berkembang dan maju kearah yang lebih baik. Selain itu banyak teknologi kesehatan dan pengobatan yang terus berkembang, yang telah mempengaruhi harapan hidup seseorang. Hal lain yang ikut berperan meningkatnya harapan hidup manusia adalah pertumbuhan ekonomi dan pendidikan.
Namun harapan hidup yang tinggi nampaknya tak dibarengi dengan kehidupan yang baik setelahnya. Memang manusia bisa hidup lebih lama di dunia ini, tapi mereka tidak bisa menikmatinya. Banyak orang yang terselamatkan dan memiliki kehidupan yang lebi lama tapi hanya bisa dinikmati di tempat tidur saja. Kebanyakan mereka yang memiliki umur panjang tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa.
Lantas apa guna, memiliki umur panjang tapi tidak bisa menikmatinya ?
Memang, risiko penyakit akan meningkat ketika memasuki hari tua. Bahkan menurut Dr Chan, semakin tua seseorang maka risiko penyakit menimbulkan komplikasi akan semakin besar. Pneumonia contohnya. Penyakit ini memang menyerang sistem pernapasan. Tapi pada lansia yang fungsi organ-organ tubuhnya sudah menurun, terserang pneumonia bisa menyebabkan stroke yang berujung pada kematian.
‎Pneumonia memang menyerang saluran pernapasan, akibatnya kerja paru-paru menjadi lebih berat. Pekerjaan yang lebih berat membutuhkan jumlah oksigen yang lebih banyak, sehingga jantung akan memompa darah lebih cepat. Pemompaan darah yang sangat cepat akan membuat tekanan darah meningkat dan bisa menyebabkan pembuluh darah pecah, dan akhirnya meninggal karena stroke.
Karena itulah gaya hidup sehat dan tidak memaksakan kehidupan masa muda dengan hal yang tidak baik sangat diperlukan. Gaya sehat yang kita lakukan di masa muda akan sangat berpengaruh untuk masa yang akan datang.
Yukk, mulai dari sekarang kita rubah pola hidup kita, jauhi segala yang setidaknya dapat menimbulkan efek buruk bagi tubuh dan kesehatan kita. Ganti semua hal yang jelek dengan hal yang lebih bermanfaat bagi tubuh. Tak perlu memaksakan dan tak perlu gengsi melakukannya. Karena untuk bisa menjalani kehidupan yang sehat di hari tua tidak lah mudah..
 
Sumber

Mohon Kritik dan Saran Anda Pada Blog Ini
Tag »